11 Manfaat Tanaman Cakar Ayam Yang Sering Terabaikan

By | May 17, 2018

Cakar Ayam

11 Manfaat Tanaman Cakar Ayam Yang Sering Terabaikan-, Dalam bahasa Madura tanaman ini dikenal dengan rumput solo atau cemara kipas gunung. Nama tanaman ini mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Memiliki nama cakar ayam bukan berarti ini adalah tanaman yang tumbuh dari kaki ayam. Nama tersebut dilekatkan pada tanaman ini karena tanaman ini memiliki daun yang menyerupai bentuk dari kaki ayam.

Nama ilmiahnya sendiri adalah Selaginella Doederleinii hieron. Tanaman ini tergolong ke dalam jenis tanaman hias karena memiliki bentuk struktural daun yang indah. Habitat dari tanaman ini sendiri bisa kita temui di dataran yang tinggi seperti di puncak gunung, di sekitaran pinggir jurang, tebing, serta jalan-jalan menuju ke pegunungan yang memiliki suhu yang cukup dingin.

Baca Juga : Manfaat Daun Ungu untuk Maag

Beberapa nama lokal dari tanaman ini ialah paku rene, ceker pitik, cemara kipas gunung, rumput solo, tai lantuan, menter, usia, sikili batu, lingonai, shi shang be serta masih banyak lagi. Tanaman ini memiliki bentuk yang kecil  dengan ketinggian mencapai sekitar 35 cm, daun memanjang memiliki bentukan seperti cakar ayam, berwarna hijau dan bersifat tunggal.

Tanaman cakar ayam termasuk ke dalam jenis tumbuhan terna merayap namun sedikit tegak. Memiliki batang yang bulat bercabang dan juga liat menggarpu berwarna putih kecoklatan. Walapun tanaman cakar ayam ini banyak digunakan untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Ternyata tanaman ceker ayam juga telah terbukti mengandung senyawa yang baik bagi kesehatan.

Kandungan dan Manfaat Tanaman Cakar Ayam

Dalam beberapa penelitian yang dilakukan, tanaman cakar ayam ini memiliki kandungan senyawa alkaloid, lignin, flavonoida, feonolik, serta biflavonoida. Jumlah kandungan-kandungan tersebut memiliki angka persentase yang cukup tinggi yaitu mencapai 23,04%.

Selain dari itu, tanaman cakar ayam juga mempunyai kandungan saponin, alkaloid glikosida, fenilpropanon, serta fitosterol. Dengan sejumlah kandungan senyawa aktif yang telah disebutkan, tanaman cakar ayam memiliki khasiat untuk membantu mengatasi beberapa gejala penyakit. Seperti :

  1. Menurunkan demam yang tinggi
  2. Membantu melancarkan peredaran darah
  3. Mampu bekerja sebagai antitoksin didalam tubuh
  4. Mengurangi pembengkakan
  5. menghentikan pendaran yang tidak normal
  6. Meringankan gejala batuk
  7. Mengobati radang paru-paru
  8. Menghindari infeksi pada saluran pernapasan
  9. mengobati hepatitis
  10. Mengurangi keputihan, serta
  11. Menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Itulah dari ke-11 manfaat tanaman cakar ayam yang sering terabaikan. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Sumber : www.drozforskolin.org