9 Manfaat Tanaman Gandarusa Bagi Kesehatan Tubuh

By | June 21, 2018

Gandarusa

9 Manfaat Tanaman Gandarusa Bagi Kesehatan Tubuh-, Gandarusa merupakan suatu tanaman yang beriklim tropis yang biasa dijumpai di pekarangan rumah untuk dijadikan tanaman pagar. Nama ilmiah dari tanaman gandarusa sendirir ialah Justicia Gendarussa Burm F yang termasuk ke dalam golongan family Acanthaceae.

Tanaman ini di perbanyak atau di kembangbiakan dengan cara stek batang. Gandarusa memiliki daun langset yang runcing dikedua ujung berwarna hijau memiliki tulang yang menyirip dengan tangkai yang pendek serta terletak bersilangan.

Bagian dasar daun memiliki tekstur yang lembut dan halus. Bunganya sendiri bersifat tunggal yang keluar dari setiap ujung tandan muda yang dapat menampung beberapa bunga kecil berwarna putih dengan kelopak kecil yang berwarna hjau muda. Bantangnya sendiri berbentuk bulat berwarna hitam kecoklatan dengan permukaan yang licin. Bentuk buahnya sendiri adalah oval dengan tangkai yang hitam atau ada pula dengan tangkai yang berwarna hijau. Tinggi dari tanaman ini bisa mencapai 2 meter.

Baca Juga : 9 Manfaat Tanaman Hias Ekor Kucing Sebagai Obat

Nama Daerah dan Manfaat Tanaman Gandarusa

Adapun nama-nama lain dari tanaman ini ialah Handarusa (Sunda), Gandarisa (Bima), Tetean, Gandarusa atau trus (Jawa), Puli (Ternate), Besi-besi (Aceh). Gandarusa memiliki kandungan senyawa kimia seperti minyak asitri, justicin, alkaloida, kalium, serta mineral. Tanaman gandarusa memiliki sifat yang pedas dan juga asam. Efek farmakologis dari tanaman gandarusa sendiri adalah anti reumatik, anti bakteri, melancarkan sirkulasi darah, anti inflamasi serta diurek.

Adapun manfaat yang dihasilkan dari tanaman gandarusa ialah sebagai berikut :

  1. Membantu menurunkan demam tinggi
  2. Membantu meringankan sakit kepala
  3. Membantu melancarkan fungsi saluran urine
  4. Meringankan gejala sakit pada bagian tubuh yang terluka
  5. Membantu mengatasi iritasi pada mata
  6. Membantu meringankan sakit reumatik
  7. Membantu meringankan sakit pada telinga
  8. Membantu mempercepat penyembuhan luka pada bagian kulit, serta
  9. Membantu melancarkan siklus haid pada wanita.

Selain itu, baru-baru ini dilakukan penelitian tentang aktivitas masyarakat pria di Papua. Yang sering menggunakan tanaman gandarusa ini sebagai alat kontrasepsi untuk menunda kehamilan pada wanita atau istri-istrinya. Ternyata memang tanaman gandarusa memiliki efek antispermatozoid atau bisa digunakan untuk membunuh sperma. Dan penemuan ini pun telah dipatenkan karena memang telah teruji kebenarannya. Semoga apa yang telah disampaikan mengenai manfaat dari tanamn gandarusa dapat bermanfaat dan terimakasih.

Sumber : www.drozforskolin.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *