Bahaya Kangkung Untuk Tipes

By | June 5, 2018

Bahaya Kangkung Untuk Tipes

Tipes atau demam tifoid adalah suatu penyakit yang terjadi akibat adanya suatu infeksi bakteri di dalam jaringan tubuh oleh bakteri Salmonella Typhi. Bakteri ini masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi oleh kuman ataupun bakteri.

Oleh karena itu kita harus selektif terhadap apa-apa saja yang akan kita konsumsi.Penyakit tipes ini dapat menular melalui bakteri yang terkandung di dalam feses, atau urine.

Penyebaran penyakit tipes di Indonesia sendiri cukup meluas dikarenakan sanitasi yang kurang baik. Terhambatnya mendapatkan air bersih menjadi pemicu terbesar terhadap berkembang luas nya penyakit ini di Indonesia. Setelah tubuh seseoang terinfeksi oleh penyakit tipes maka ia tidak akan langsung merasakan gejalanya. Karena gejala tipes akan muncul selang waktu1 s.d 3 minggu setelah infeksi itu masuk ke dalam tubuh penderita sakit. Gejala yang akan ditimbulkan adalah :

• Demam yang cukup tinggi
  • Sakit kepala yang cukup berat
  • Mengalami diare atau konstipasi
  • sakit pada bagian perut
  • Nafsu makan mulai berkurang
  • Otot persendian di dalam tubuh akan terasa sakit
  • cepat merasa lelah dan lesu
  • Berat badan akan menurun secara drastis
  • Berkeringat yang tidak wajar
  • Batuk batuk
  • Terdapat ruam kecil berwarna merah pada kulit

Disarankan untuk segera berkonsultasi pada dokter agar titangani lebih lanjut. Sekitar kurang lebih 10% penderita penyakit tipes akan menderita kompilasi. Ini akan terjadi apabila tipes terlambat ditangani. Kompilasi yang biasa terjadi adalah terhadap sistem pencernaan yang akan mengalami pendarahan internal dan infeksi pada sistem pencernaam tersebut akan menyebar kejaringan sekitarnya.

Sehingga dapat mengakibatkan sistem pencernaan tersebut menjadi pecah. Sehingga usus (karena merupakan bagian dari sistem pencernaan) akan sangat terpengaruh ketika seseorang terkena penyakit tipes. Jadi kita harus pandai memilih dan memilah asupan makanan dan minuman apa saja yang harus dihindari oleh penderita sakit tipes.

Adapun jenis makanan yang harus dihindari penderita sakit tipes ialah makanan berserat tinggi. Contoh-contoh makanan yang mengandung serat tinggi adalah bayam, daun singkong, sawi, pare, daun katukĀ  dan yang sudah pasti adalah kangkung. Jadi jelas, bahwa kangkung memang memiliki serat tinggi. Sehingga tidak boleh dikonsumsi terlebih dahulu oleh penderita sakit tipes. Karena akan sangat beresiko dalam memperparah keadaan tipes itu sendiri.

Ada baiknya penderita tipes mengkonsumsi makanan berserat rendah. Pada kondisi yang normal, makanan yang mengandung serat tinggi sangatlah baik dikonsumsi oleh tubuh karena dapat melancarkan sistem pencernaan. Namun dalam kondisi ini makanan berserat tinggi akan sangat berbahaya karena dapat menguras isian di dalam usus yang sedang terkena infeksi.

Ditakutkan pula, itu akan berpengaruh terhadap munculnya perporasi usus yaitu kondisi dimana terbentuknya suatu lubang pada lambung, usus besar, dan usus halus yang dapat menjadi penyebab kebocoran dan sepsis yaitu suatu kondisis dimana timbulnya peadangan di seluruh bagian tubuh yang di sebabkan oleh infeksi tersebut.

Itulah mengapa kangkung berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita tipes. Alangkah baiknya kita menjauhi kangkung terlebih dahulu saat kita mengalami penyakit tersebut.