Bawang bombay Untuk Penyakit Asam Urat

By | July 26, 2018

Bawang bombay Untuk Penyakit Asam Urat

Sebutan bawang bombay sebenarnya berasal dari nama kota Bombay atau sekarang disebut dengan Mumbay di India. Komoditi ini dibawa oleh para pedagang-pedagang India ke Indonesia. Bawang bombay sendiri merupakan jenis bawang yang sering digunakan sebagai bumbu masakan. Berbentuk bulat dengan daging yang tebal sangat banyak digunakan masyarakat untuk memperkuat rasa masakan.

Tak hanya dikombinasikan dengan bahan makanan lain, bawang bombay juga sering diolah menjadi Onion ring. Makanan tersebut berasal dari bawang bombay sebagai bahan bakunya. Dengan tekstur yang renyah, Onion ring ini sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai camilan yang sehat.

Terlepas dari itu semua, bawang bombay memang memiliki harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis bawang lainnya. Meskipun begitu tidak menyurutkan niat masyarakat untuk terus membelinya. Memiliki ukuran yang lebih besar dan aroma yang khas bisa menjadi salah satu alasan mengapa bawang bombay ini masih laris dipasaran.

Bawang bombay Untuk Penyakit Asam Urat

Bawang bombay termasuk jenis sayuran yang rendah kalori. Bawang bombay ini diperkaya dengan antioksidan, mineral dan vitamin. Diketahui dalam satu cangkir irisan bawang bombay terdapat kalori sebanyak 64 kalori. Selain itu, bawang bombay juga mengandung karbohidrat, gula dan protein, vitamin B6, vitamin C, antioksidan kuersetin, zat besi dan fosfor.

Kandungan-kandungan tersebut diyakini memberikan manfaat masing-masing untuk mendukung kesehatan tubuh. Adapun khasiat bawang bombay untuk kesehatan diantaranya:

  • Efektif melawan kanker

Manfaat bawang bombay yang luar biasa adalah dapat melawan kanker. Mengandung sulfide dan senyawa antioksidan sangat efektif untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Mengonsumsi bawang bombay memang dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan bantuan vitamin C ketahan tubuh terhadap serangan virus dan bakteri akan meningkat. Sehingga tubuh pun dapat terhindar dari serangan penyakit yang membahayakan tubuh.

  • Menghalau radikal bebas

Seperti yang diketahui bahwa bawang bombay mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan tersebut memang mampu menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab dari beragam penyakit. Mengonsumsi bawang bombay dengan rutin mampu menjaga kesehatan tubuh secara maksimal.

  • Mengatasi sakit asma

Salah satu penelitian menyebutkan bahwa bawang bombay berkhasiat dalalm melancarkan pernafasan pada penderita asma. Senyawa quercetin yang terdapat di dalamnya mampu membuat saluran pernapasan menjadi melebar dan membuat pernapasan menjadi lancar.

  • Mengatasi susah buang air besar

Kekurangan serat memang dapat berpengaruh pada sistem pencernaan dan dapat mengakibatkan sembelit. Untuk mengisi ulang kekurangan serat tersebut bisa dengan mengonsumsi bawang bombay. Memiliki kadar serat yang tinggi sangat efektif untuk memenuhi kebutuhan serat dan dapat mencegah sembelit atau susah buang air besar.

  • Mencegah asam urat dan terjadinya osteoporosis

Osteoporosis yang sering menyerang wanita dapat diatasi dengan bawang bombay. Hal ini dikarenakan bawang bombay mengandung senyawa tertentu yang dapat menjaga kesehatan tulang dan dapat terhindar dari osteoporosis.

  • Mengobati sakit maag

Penderita maag yang sering terganggu dengan rasa sakit yang ditimbulkan kini tidak perlu khawatir dengan hal tersebut. Cukup mengonsumsi bawang bombay rasa sakit yang dirasakan dapat diatasi secara alami. Sebab bawang bombay mengandung natrium yang dapat mengontrol produksi asam lambung.

Setelah mengetahui manfaat bawang bombay untuk asam urat dan kesehatan lainnya. dapat ditarik kesimpulan bahwa bawang bombay yang sering dijadikan bumbu masakan ternyata memiliki khasiat yang baik unutk menjaga kesehatan tubuh dan untuk di jadikan sebagai obat penurun asam urat. Jadi tidak ada salahnya untuk memasukan bawang bombay pada setiap masakan yang dikonsumsi sehari-hari.