Bawang Putih Untuk Kanker Kelenjar Getah Bening

By | July 30, 2018

Bawang Putih Untuk Kanker Kelenjar Getah Bening

Jenis bumbu dapur yang satu ini tidak boleh ketinggalan disetiap masakan yaitu bawang putih. Merupakan tanaman umbi yang mengadung enzim allicin yang mampu mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Kemampuan bawang putih tersebut sebenarnya telah dimanfaatkan oleh orang-orang Mesir Kuno, Tiongkok dan India.

Bawang Putih Untuk Kanker Kelenjar Getah Bening

Selain dikombinasikan dengan masakan, bawang putih ini dapat dikonsumsi secara langsung untuk mendapatkan khasiat yang maksimal. Meskipun memiliki bau yang tajam, tak sedikit orang yang senantiasa mengonsumsinya untuk dijadikan bahan pengobatan alami. Adapun sejumlah manfaat dan khasiat bawang putih bagi tubuh adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi resiko terkena kanker kelenjar getah bening

Di dalam bawang putih mentah terkandung senyawa yang bernama sulfur bioaktif. Yang menurut National Cancer Institut dari Amerika serikat mengataskan bahwa senyawa tersebut dapat mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel kanker dalam tubuh.

Hal ini dikarenakan sulfur bioaktif memiliki kemampuan untuk meregenerasi sejumlah sel yang mengalami kerusakan, melindungi dan menjaga tubuh dari karsinogen dan mencegah penyebaran se-sel yang merugikan tubuh. Sejumlah penelitian pun menunjukan bahwa dengan mengonsumsi bawang putih mentah dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara, kanker paru-paru dan kanker pankreas.

  • Mencegah penyakit jantung

Dalam hasil penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition menyebutkan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat mengurangi pembentukan plak pada arteri koroner. Kemampuan tersebut tentunya sangat membantu dalam mengatasi penyakit jantung yang sedang diderita.

  • Mengatasi infeksi

Diketahui bahwa kandungan allicin yang terdapat dalam bawang putih mentah dapat mengatasi infeksi, peradangan dan flu. Sebab allicin ini berfungsi sebagai antivirus, antimikroba dan antijamur yang mampu membasmi mikroorganisme yang menyebabkan sejumlah penyakit.

Dari jurnal Advances in Therapy menyatakan bahwa mengonsumsi bawang putih saat musim flu adalah hal yang sangat tepat. Pasalnya selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh bawang putih juga mampu mengobati flu itu sendiri.

  • Mengendalikan tekanan darah tinggi

Polisulfida yang terkandung dalam bawang putih mentah diketahui mampu mengontrol tekanan darah tinggi. Dikutip dari jurnal Maturitas mengatakan bahwa polisulfida ini mampu membuka pembuluh darah yang bertujuan supaya pembuluh darah tidak mendapat tekanan terlalu besar. Itulah sebabnya mengonsumsi bawang putih secara teratur selama 3 bulan mampu menurunkan tekanan darah sampai 10 mmHg.

  • Berpegaruh terhadap kesehatan otak

Beberapa gangguan yang menyerang otak seperti alzheimer dan demensia ternyata dapat diatasi dengan mengonsumsi bawang putih mentah. Adanya kandungan S-allyl-Lcysteine (SAC) dan antioksidan yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan otak dari kerusakan kognitif. Senyawa kimia tersebut berperan dalam mencegah terjadinya penumpukan plak pada sistem saraf pusat.

  • Menjaga kesehatan sistem cerna

Zat allicin yang terdapat dalam bawang putih ini berperan sebagai antibiotik dan antijamur. Sejumlah riset menunjukan bahwa bawang putih mampu menangkal infeksi bakteri H.pylori dalam lambung.

Itulah obat kanker kelenjar getah bening stadium 4 yang khasiat dari bawang putih yang dikonsumsi secara mentah tanpa melalui proses pengolahan terlebih dahulu. Meskipun aroma yang ditimbulkan sangat menyengat namun mengingat khasiat yang diberikan membuat bawang putih lebih cocok dikonsumsi langsung tanpa diolah terlebih dahulu.