By | September 23, 2018

Dosis Baquinor Forte dan Cara Penggunaannya

Baquinor forte ialah merek obat yang di dalam nya mengandung ciprofloxacin, jenis antibiotik spektrum luar yang dapat membantu membasmi bakteri gram positif maupun gram negatif. Obat tersebut biasa digunakan untuk membantu mengobati infeksi pada saluran napas atas, saluran cerna, hingga infeksi pada saluran kemih.

Karena sebagai terapi kausatif atau membunuh bakteri sehingga memerlukan kombinasi dengan menggunakan obat lain untuk membantu meringankan gejala. Sama seperti antibiotik lainnya, pemakaian obat ini tidak boleh sembarangan pengguanaannya. Oleh sebab itu, obat baquinor dijual terbatas, serta harus menggunakan resep dari dokter untuk menggunakannya.

Dosis Baquinor Forte dan Cara Penggunaannya

Adapun dosis yang telah dianjurkan ialah sebagai berikut:

• Untuk pengobatan infeksi saluran nafas, radang tenggorokan, kulit, jaringan lunak, tulang, sendi ringan sampai sedang yaitu: 500 mg 2 kali dalam sehari
  • Untuk pengobatan infeksi saluran nafas, kulit, jaringan lunak, tulang, sendi berat yaitu: 750 mg 2 kali dalam sehari
  • Untuk pengobatan saluran pencernaan yaitu: 500 mg 2 kali dalam sehari
  • Untuk pengobatan gonore akut yaitu 250 mg 2 kali dalam sehari
  • Untuk pengobatan osteomilitis yaitu: 750 mg 2 kali dalam sehari
  • Untuk pengobatan gangguan fungsi ginjal kurang yaitu klierens kreatiin kurang dari 20 ml per menit dan dosis harus dikurangi menjadi separuh dosis yang normal.

Tidak semua orang dapat diperbolehkan untuk menggunakan obat ini, karena ada beberapa orang yang tidak diperbolehkan untuk mengonsumsinya yaitu:

• Orang yang memiliki riwayat alergi dengan ciprofloxacin dan quinolon.
  • Orang yang memiliki riwayat eplilepsi atau gangguan seperti kejang dan lainnya.
  • Orang yang memiliki riwayat ruptur tendor.
  • Bagi wanita hamil dan menyusui.

Efek samping Baquinor Forte

Pada umum nya hanya bersifat ringan hingga sedang dan segera hilang ketika pemakaian dihentikan, akan tetapi ada efek samping lain seperti: mual, muntah, diarem fungsi hati abnormal, ruam kulit, sakit kepala, pusing, insomnia.

Selain itu ada efek samping yang jarang timbul seperti: tremor, psikotik, paranoia, halusinasi, kecemasan, dan percobaan bunuh diri. Adapun efek samping yang beresiko dan mematikan seperti: nekrolisis epidermal toksik, stevens johnson sindrom, pneumonitis alergi, aritmia jantung, hepatitis, penekanan sumsum tulang, gagal hati.

Catatan penting!

Sebelum dan selama kita menggunakan obat baquinor forte, di harapkan untuk memperhatikan ha-hal di bawah ini:

1. Waspadai penggunaan baquinor forte pada pasien yang mempunyai riwayat penyakit hati.
  2. Penggunaan pada anak -anak, ibu hamil dan ibu menyusui masih belum terbukti jelas efektifitas dan keamanan di dalam nya.
  3. Penggunaan obat baquinor forte pada ibu hamil dapat memberikan efek yang dapat menimbulkan kondisi buruk pada janin.
  4. Penggunaan obatbaquinor forte dapat memicu terjadinya sakit kejang dan dapat menurunkan ambang kejang.
  5. Penggunaan pada pasien yang berusia lebih dari 60 tahun dapat meningkatkan terjadinya resiko tendonitis dan ruptur tendon.
  6. Penggunaan baquinor forte bersama dengan obat antasid atau suplemen zinc dapat mengakibatkan menurunnya penyerapan ciprofloxacin pada saluran pencernaan.
  7. Penggunaan baquinor forte bersama dengan susu atau produk kalsium lainnya dapat mengakibatkan menurunnya kadar ciprofloxacin yang ada di dalam darah hingga mencapai di bawah kadar yang dibutuhkan.
  8. Penggunaan Baquinor Forte dalam dosis tinggi bersama obat NSAID dapat memicu terjadinya sakit kejang.

Itulah sedikit ulasan mengenai dosis dan cara penggunaan baquinor untuk di jadikan sebagai obat radang tenggorokan dan penyakit lainnya, semoga bermanfaat.