Khasiat Dari Kulit Buah Manggis yang Selama Ini Tersembunyi

By | October 11, 2018

Khasiat Dari Kulit Buah Manggis Buah Manggis ini merupkakan salah satu jenis buah yang dapat di makan yang memiliki rasa khas rasa asam kemanisan dan sangat enak. Buah yang satu ini meruapaka termasuk pada golongan jenis buah tropis yang mempunyai kulit berukuran tebal berwarna merah keunguan serta agak keras. Menurut para ahli peneliti juga bahwa kulit manggis yang keras ini ternyata memiliki kandungan yang berkhasiat sangat luar biasa untuk digunakan sebagai pengobatan, terutama untuk mengobati penyakit kanker.

Khasiat Dari Kulit Buah Manggis

Bagaimana khasiat kulit manggis sebenarnya ?

Hal tersebut sudah di teliti oleh Badan Penelitian Teknologi Pertanian (BPTP) dari Sumatra Barat. Bahwa kulit manggis ini ternyata bisa melawan sel-sel kanker dan tumor karena bisa mampu bekerja sebagai antioksidan dan antiproliferatif. bahkan kemampuan antioksidan dalam kulita manggis ini melebihi vitamin C dan E yang selama ini sering dikenal sebagai antioksidan yang paling sangat efektif. Jenis xanthone yang ada dalam kulit manggis ternyata sampai 40% sangat banyak dari xanthone yang bisa anda temukan dari sumber lain dialam.

Tidak hanya itu saja, dalam kulit manggis ini juga mengandung beberapa zat senyawa xanthon yang meliputi kandungan mangosting, mangostenol, mangostinon A, B, trapezifolizanthone, tovhylin B, alfamangostin, beta mangostin, garcinon B, mangostanol, flavonoid, epicatechin, dan gartanin. Kadar dari kulit manggis ini mencapai 123,97 mg per ml. Xanthon berkhasiat sebagai antioksidan dan antikanker, diantaranya seperti jenis kanker payudara, kanker paru-paru, kanker postat, kanker hati, kanker pencernaan, dan lukemia.

Ekstrak kulit manggis ini bersifat antiproliferasi sehingga bisa menghambat pertumbuhan dari sel kanker. Xanthone yang ada di kulit manggis ini juga mampu menyembuhkan penyakit tuberculosis (TBC) , asma, dan bisa untk sebagai antiinflamasi serta anti diare. Tidak cuma itu saja, kulit manggis ini juga bisa dijadikan sebagai mengatasi penyakit koroner dan HIV. Dan masih banyak juga khasiat yang lainnya dari kulit manggis untuk kesehatan.

Penelitian terhadap kulit manggis ini sudah dilakukan sejak pada tahun 2008 dan rampung tahun 2010 sampai melibatkan 40 tenaga ahli dari BPTP sumbar. Selanjutnya pada tahun 2011, temuan tersebut sudah di hakpatenkan dan di jual ke perusahaan, dengan demikian, temuan tersebut tidak bisa di klaim oleh pihak lain. Apabila anda ingin mengolahnya sendiri untuk mengobati penyakit asam urat, penyakit rematik dan serta penyakit kanker.

Kulit manggis tersebut hanya cukup dengan diiris kecil-kecil, kemudian setelah itu di jemur sampai kulit manggis itu sendiri kerin. Lalu celupkan 2-3 iris kulit buah manggis kering ke dalam dua gelas air yang panas. Setelah hangat dan air nya berubah warna menjadi ungu, ramuan itu selesai tinggal diminum.

Efek Samping Konsumsi Kulit Manggis

Hati-hati bagi anda yang ingin mengatasi penyakitnya harus mengkonsumsi kulit manggis dengan rutin dan teratur. hal itu, larena kulit manggis ini memiliki efek samping. Tapi tenang tidak begitu berbahaya ko untuk kesehatan manusia. Mungkin efek samping yang akan anda rasakan seperti kulit akan memerah,membengkak,gatal-gatal, bersisik, sekit kepala, nyeri pada sendi dann berasa mual.

http://www.drozforskolin.org