Khasiat Jeruk untuk Benjolan di Payudara

By | October 15, 2018

Khasiat Jeruk untuk Benjolan di Payudara

Buah jeruk adalah salah satu buah yang rendah kalori dan dipenuhi nutrisi. Buah ini berkhasiat dalam membersihkan dan menyehatkan kulit dan membantu menurunkan resiko dari banyak penyakit. Buah ini juga cocok untuk dikonsumsi dalam berbagai jenis diet dan dapat menjaga kesehatan secara menyeluruh.

Pohon jeruk adalah pohon buah yang paling umum di budidayakan di seluruh dunia. Jeruk cukup populer karena rasa manis alami dan ragam jenis yang dimilikinya. Penggunaannya pun bervariasi dari dibuat jus, dijadikan masker sampai diolah menjadi permen jeruk yang manis.

Sejarah Penyebaran Buah Jeruk

Jeruk dipercaya berasal dari wilayah tropis di Asia khususnya Kepulauan Melayu bersama dengan spesies citrus lainnya yang telah dibudidayakan dari sejak dahulu. Kultur buah jeruk mungkin menyebar dari habitat aslinya ke India dan pantai timur Afrika dan dari sana buah ini menyebar ke kawasan Mediterania timur.

Penaklukan Romawi, menjadi pengembangan rute perdagangan arab dan perluasan islam berkontribusi secara signifikan terhadap penyebaran buah ini.

Saat Christopher Columbus berlayar, pohon-pohon jeruk sering ia temukan di Kepulauan Canary. Sekarang buah jeruk sendiri dibudidayakan di kawasan tropis dan subtropis Amerika, negara-negara Mediterania utara dan timur, Australia dan South Afrika.

Sebelum tahun 1920, buah jeruk dikonsumsi sebagai makanan penutup. Penyebaran konsumsi jus jeruk mampu meningkatkan konsumsi buah jeruk perkapita.

Macam-macam Buah Jeruk

  1. Navel orange

Kata “navel” yang berarti pusar diambil dari tampilan buah jeruk ini yang memiliki bagian luar menyerupai pusar manusia. Jeruk ini memiliki kulit yang besar dan tebal, yang membuatnya mudah dikupas ketika dikonsumsi. Namun, jenis ini tidak memiliki banyak air dan lebih pahit daripada jenis jeruk lainnya. Sehingga navel orange tidak cocok untuk dijadikan jus.

  1. Blood orange

Jika Anda berpikir bahwa jeruk itu berwarna oranye, maka jenis blood orange akan sedikit mengejutkan Anda. Buah ini memiliki daging yang menyerupai warna darah di bawah kulit buahnya yang tebal. Dari sanalah nama blood orange berasal.

Buah ini berukuran sedangdan dianggap sebagai buah jeruk paling beraroma dalam famili jeruk. Rasa yang dimiliki jenis buah ini asam dan manis. Blood orange mengandung banyak air, dengan vibran kemerahannya, menjadikan buah ini baik untuk hiasan dalam kue ataupun dijadikan makanan penutup.

  1. Mandarin orange

Mandarin orange atau jeruk mandari memiliki bentuk yang lebih kecil dari jeruk pada umumnya. Kultinya lebih longgar, daging buahnya lebih manis dan tidak begitu asam.

  1. Tangerine

Ketika jeruk berukuran besar dan memiliki rasa yang asam namun tidak halnya dengan Tangerine. Jenis jeruk ini berukuran lebih kecil dan lebih manis.

Buah ini sangat efektif untuk menghambat penuaan dini pada kulit, karena mengandung vitamin C yang lebih banyak dari pada jeruk pada umumnya. Tangerine juga cocok dijadikan snack untuk camilan sehat Anda.

  1. Clementine

Adalah tipe jeruk yang berukuran kecil dan tidak memiliki banyak biji. Karakteristik buah ini membuatnya ideal untuk dijadikan snack. Clementine sering dicap sebagai “Cuties” di Amerika Serikat karena ukurannya yang mungil.

Buah jeruk ini juga berbentuk lebih berbentuk oval. Kulitnya tipis dan berkilau, dengan kontras yang tajam di permukaan jeruknya.

Kandungan Nutrisi dalam Buah Jeruk

Satu buah jeruk berukuran sedang (kira-kira 154 gram) mengandung 80 kalori, 0 gram lemak, 250 mg kalium, 19 gram karbohidrat (14 gram gula dan 3 gram serat pangan) serta  1 gram protein.

Satu buah jeruk memberikan 130% vitamin C yang dibutuhakan sehari-hari, 2% vitamin A, 6% kalsium dan 0% zat besi.

Buah ini juga mengandung thiamin, riboflavin, niacin, vitmain B-6, folat, asam pantotenat, fosfor, magnesium, mangan, selenium dan tembaga. Karena tinggi kandungan vitamin C (2 kali lebih banyak dari kebutuhan harian), membuat buah jeruk sering dikaitkan dalam meningkatkan sistem imun.

Jeruk juga mengandung Choline yang merupakan nutrisi penting yang mambantu tidur, pergerakan otot, proses belajar dan daya ingan. Choline juga membantu mempertahankan struktur membran sel, membantu dalam transmisi impuls saraf, membantu penyerapan lemak dan mengurangi peradangan kronis.

Zeaxanthin dan carotenoid yang juga ditemukan dalam buah jeruk memiliki efek antioksidan dan telah menunjukan hubungan terbalik dalam meningkatkan resiko kanker terutama kanker prostat.

Manfaat Buah Jeruk untuk Benjolan di Payudara

Benjolan di payudara adalah salah satu gangguan kesehatan yang banyak di derita wantia Indonesia. Kondisi ini juga bisa menjadi gejala utama dari kanker payudara. Jika terbukti bahwa benjolan tersebut merupakan gejala dari kanker payudara, tentunya tidak boleh dianggap sepele.

Untuk mencegah dan mengatasi benjolan di payudara Anda bisa mulai mengonsumsi buah jeruk Diperkaya dengan antioksidan vitamin C yang sangat kuat, membuat buah jeruk mampu memerangi pembentukan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

Ketika asupan vitamin C terpenuhi, akan sangat bermanfaat untuk tubuh terutama vitamin ini berperan sebagai antioksidan. Ditambah lagi buah jeruk memiliki sifat yang dapat mengurangi peradangan sehingga dapat mengatasi benjolan di payudara.

Oleh sebab itu mengonsumsi buah jeruk dapat sangat bermanfaat untuk Anda yang memiliki keluhan tersebut. Konsumsi secara rutin tak hanya baik untuk mengatasi benjolan di payudara tetapi juga baik untuk kesehatan secara menyeluruh. Selain itu, gunakan obat benjolan di payudara agar penyakit tidak mudah menyerang tubuh kita.