Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan Tubuh

By | April 17, 2018

Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan Tubuh

Bengkuang merupakan sebuah umbi yang dihasilkan dari tanaman bengkuang. Umbi (cormus) bengkoang tersebut memiliki kulit berwarna kuning pucat, daging yang manis putih bersih menyegarkan serta memiliki banyak kandungan air di dalamnya. Kandungan air di dalam umbi tersebut bisa mencapai 86-90% yang berfungsi sebagai efek pendingin. Tanaman bengkuang sendiri merupakan tanaman rambat tahunan yang memiliki panjang berkisar antara 4-5 m.

Dan akarnya bisa memiliki ukuran panjang yang mencapai sekitar 2 meter. Batang merambatnya tersebut memiliki rambut-rambut halus yang mengarah ke bawah. Helaian daun mejemuknya menyirip yang terbentuk oleh 3 helai daun tunggal. Bentuknya bundar melebar yang memiliki tepian bergerigi runcing yang jarang. Kedua permukaan daun tersebut memiliki rambut-rambut halus yang menyebabkan efek kasar ketika kita menyentuh bagian daun tersebut.

Bunganya berkelompok di dalam tandan sekitar 3 atau 4 kuntum bunga yang keluar dari ketiak daun dan juga ujung perbatangan. Kelopaknya berbentuk seperti lonceng dengan mahkota bunga yang memiliki warna putih keunguan. Kepala putiknya membentuk seperti bola yang memanjang dan di tumbuhi dengan janggut yang berwarna senada dengan helaian mahkota bunganya.

Buahnya membentuk seperti polongan yang pipih memanjang, dipenuhi dengan rambut-rambut halus, serta pada umumnya berisikan 4-9 biji di dalamnya. Yang perlu diketahui adalah walaupun umbi bengkuang ini dapat di konsumsi dengan aman dan menghasilkan berbagai macam manfaat. Namun bagian lain dari tumbuhan ini sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan racun yang tidak baik untuk tubuh.

Terutama racun yang terdapat pada bijinya, yang sering digunakan untuk membasmi serangga dan juga kerap dijadikan bahan untuk menangkap ikan. Namun meskipun beracun biji bengkuang tersebut masih bisa digunakan untuk pengobatan kesehatan tubuh bagian luar seperti kudis ataupun panu (Hanya Untuk Bagian Luar Tubuh Saja Ya). Adapun manfaat dari umbi bengkuang sendiri ialah untuk membantu :

  1. Menurunkan kolesterol
  2. Melancarkan sistem pencernaan
  3. Menghancurkan batu ginjal dan batu empedu
  4. Mengobati sariawan
  5. Meningkatkan sistem imun
  6. Mengontrol produksi asam lambung
  7. Menurunkan demam
  8. Meningkatkan fungsi keinerja jantung
  9. Mengobati penyakit biri-biri
  10. Menjaga kesehatan kulit, serta
  11. Melawan penuaan dini.

Demikianlah penjelasan dari morfologi tanaman bengkuang dan umbi (cormus) nya yang memiliki kandungan yang efeknif untuk menjaga tubuh seseorang agar tetap sehat. Terimakasih dan semoga bermanfaat J

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *