Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

By | May 7, 2018

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Kelor merupakan tanaman dengan berbagai mitos pendahulunya yang masih sangat lekat. Banyak sekali yang menyebutkan bahwa kelor mampu mengusir roh jahat, menolak bala, menghilangkan kesaktian seseorang serta mengeluarkan susuk. Memang tidak menutup kemungkinan bahwa mitos tersebut masih berkembang sampai detik ini. Apalagi di daerah pedesaan yang memang masih memegang teguh adat budaya kepercayaan nenek moyang mereka.

Terlepas dari mitos-mitos tersebut, kelor merupakan sejenis tanaman yang memiliki nama ilmiah Moringa oleifera yang termasuk ke dalam salah satu golongan suku moringaceae. Tanaman kelor memiliki batang yang tegak dengan ketinggian yang mencapai 7-11 meter. Daun majemuknya memiliki bentuk bulat telur dengan ukuran yang kecil dan berkumpul dalam setiap tandan panjang. Bunganya sendiri berwarna puting kekuningan dengan kelopak bunga yang berwarna hijau.

Bunga yang tumbuh sepanjang tahun ini, memiliki aroma yang cukup semerbak. Tanaman kelor menghasilkan buah yang membentuk segitiga memanjang yang biasa orang memanggilnya dengan sebutan kelentang. Warna buahnya ialah hijau selagi ia muda dan akan berubah menjadi cokelat ketika buah tersebut telah menjadi tua. Bijinya bulat serta memiliki warna coklat kehitaman. Batang berkayunya yang bulat dengan kulit tipis yang kasar serta memiliki percabangan yang simpodial.

Perbanyakan dari tanaman ini bisa dilakukan secara vegetatif (stek batang), maupun secara generatif (biji). Tumbuhan ini bias tumbuh pada dataran rendah hingga dataran tinggi yang mencapai 1.000 mdpl. C Senthil Kumar seorang ahli riset dari Anna Technology University, Tamilnadu, India menyebutkan bahwa daun kelor memiliki khasiat sebagai hepatoprotektor yaitu sebagai pelindung hati. World Health Organization (WHO) yang merupakan badan kesehatan dunia pun turut menganjurkan anak-anak bahkan bayi dan juga lansia untuk mengonsumsi daun kelor.

Karena daun kelor memiliki kandungan : 7x vitamin C pada jeruk, 4x vitamin A pada wortel, 4x kalsium pada susu, 2x protein pada susu, serta 3x kandungan potassium dibandingkan dengan pisang. Jadi memanglah benar bahwa daun kelor memiliki kandungan gizi yang sangatlah lengkap dan juga begitu tinggi untuk melengkapi asupan kebutuhan gizi tubuh seorang manusia dalam setiap harinya. Adapun manfaat daun kelor untuk kesehatan ialah membantu mengatasi :

  1. Meningkatkan antibody secara alami
  2. Meningkatkan metabolisme pada tubuh
  3. Mengurangi kerutan pada kulit (anti-aging)
  4. Menjaga kesehatan mata dan juga otak
  5. Meningkatkan fungsi dan menjaga kesehatan hati
  6. Menjaga kesehatan kulit
  7. Meningkatkan energi didalam tubuh
  8. Mengontrol kadar gula di dalam tubuh
  9. Meningkatkan serum kolesterol secara alamiah
  10. Melancarkan sistem pencernaan
  11. Menjaga kesehatan ginjal
  12. Menghalau tumbuhnya sel kanker didalam tubuh
  13. Meningkatkan sistem sirkulasi darah didalam tubuh, serta
  14. Menjaga kebugaran tubuh secara alami.

Demikianlah sejuta manfaat dari tanaman kelor dengan sejuta mitos yang masih melekat hingga sekarang. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *