Manfaat Daun Ungu untuk Maag

By | May 8, 2018

Manfaat Daun Ungu untuk Maag

Riset yang membuktikan bahwa Indonesia sangat kaya akan Sumber Daya Alam nya, memang benar sekali. Pasalnya tanaman apa saja dapat tumbuh di negara kita ini. Daun ungu atau yang sering disebut dengan daun wungu memiliki nama panggilan yang cukup khas pada istilah sunda yaitu daun handeuleum. Daun ungu juga memiliki nama latin Graptophyllum pictum. Daun ungu ini merupakan tumbuhan perdu yang tegak ke atas, batangnya berkayu, beruas juga dan memiliki permukaan yang licin. Daunnya berbentuk tunggal dan berbatang pendek. Itulah sekilas gambaran tumbuhan daun ungu bagi yang baru kali ini mengetahuinya agar tidak salah ketika ingin mengonsumsinya.

Daun ungu sendiri merupakan spesies asli dari tanah Polinesia dan Papua Nugini. Tanaman ini sering dibudidayakan di pekarangan rumah karena juga dapat digunakan sebagai tanaman hias. Dan yang mesti kita tau bahwa tanaman ini mulai banyak di kenal dunia. Masyarakat dunia sendiri menggunakan daun ungu ini sebagai obat herbal yang digunakan untuk mengatasi penyakit lambung dan masalah kewanitaan. Kandungan yang terdapat di dalam daun wungu adalah : Alkaloid,kloropil, Tanin, Saponin, Steroid, Glukosa.

Manfaat dari daun ungu untuk mengatasi penyakit pada bagian luar tubuh ialah :

• Membantu mengatasi borok dan bisulan
  • Membantu melembutkan kulit dan menjaga kesehatan kulit
  • Membantu mengatasi luka memarakibat pukulan.

Sedangkan manfaan daun ungu untuk mengatasi penyakit dalam diantaranya :

• Membantu menghilangkan batu ginjal
  • Mengobati sembelit
  • Membantu mengatasi wasir
  • Membantu mengatasi ambeien
  • Membantu menyembuhkan penyakit hepatitis
  • Menurunkan dan mengontrol gula di dalam darah
  • Membantu menyembuhkan luka akibat infeksi peradangan
  • Dan membantu meringankan rasa sakit akibat adanya infeksi
  • Membantu mengatasi penyakit diabetes
  • Mengobati persendian yang sering merasa pegal (reumatik)
  • Membantu mengatasi encok pada orangtua
  • Membantu melancarkan siklus haid pada wanita.

Sebisa mungkin kita harus selektif dalam memilih pengobatan untuk mengatasi berbagai masalah penyakit. Terutama mengatasi penyakit maag yang kini tengah Anda alami.

Ketika maag mulai menyerang tubuh seseorang maka orang tersebut akan merasakan kesukaran yang cukup tidak mengenakan pada badannya. Diantara gejala-gejala dari penyakit maag tersebut adalah :

• Sakit yang menusuk dibagian perut kanan atas
  • Ulu hati terasa panas bahkan sampai ada sensasi terbakar pada ulu hati tersebut
  • merasa mual sampai bahkan bisa muntah
  • Kepala terasa pusing
  • Merasa cepat kenyang namun mudah untuk lapar kembali
  • Ada cairan yang naik dari lambung menuju ke kerongkongan
  • Dada terasa ikut panas dan terasa pengap.

Namun kita bisa memanfaatkan daun ungu untuk mengatasi penyakit maag yang tengah Anda hadapi saat ini. Dengan mengonsumsi air rebusan daun wungu secara rutin 2x sehari agar maag Anda tersebut dapat segera teratasi dengan obat maag yang terbuat dari daun ungu ini.