Mengatasi Penyakit Dengan Pepaya

By | April 16, 2018

Mengatasi Penyakit Dengan Pepaya

Mengatasi Penyakit Dengan Pepaya

Pepaya atau yang dalam bahasa Sunda disebut dengan gedang, serta dalam bahasa Jawa di panggil dengan kates. Ternyata merupakan tanaman yang berasal dari Meksiko bagian Selatan dan juga Amerika Utara. Pepaya sendiri merupakan satu-satunya jenis tanaman yang termasuk ke dalam genus Carica, yang memiliki nama ilmiah Carica papaya.

Nama pepaya sendiri merupakan serapan kata dari bahasa Belanda yaitu “papaja” yang seiring dengan berjalannya waktu penyebutan tersebut berubah menjadi “pepaya”. Tanaman ini sendiri menyebar pada wilayah yang memiliki iklim bersuhu tropis. Pada umumnya tanaman ini di tanam dengan tujuan untuk diambil buahnya yang memiliki kandungan gizi yang cukup banyak.

Buah matangnya bisa dikonsumsi secara langsung atau dijadikan sebagai campuran minuman segar. Sedangkan buah mudanya biasa dimasak untuk dijadikan sebagai sayur. Ternyata daun mudanya (pucuk) dari pepaya juga dapat dimanfaatkan untuk lalapan, walaupun rasanya pahit. Namun memiliki kandungan gizi yang cukup baik untuk meningkatkan nafsu makan.

Selain itu, getah dari pepaya yang mengandung enzim papain yang biasa digunakan untuk melunakan daging. Dewasa ini getah pepaya tersebut kerap disadap karena telah menjadi komoditas dagang dalam upaya memperoleh pelunak daging secara praktis. Pohon pepaya pada umumnya memiliki cabang yang sangat sedikit bahkan terkadang tidak memiliki percabangan sama sekali.

Tinggi dari pohon ini ialah sekitar 5-10 m. Helaian daunnya menyirip berjari 5 dengan tekstur permukaan yang kasar dan bagian bawah daun yang sedikit halus. Memiliki tangkai yang cukup panjang serta memiliki warna hijau lebih muda dari daunnya. Memiliki bunga yang keluar dari ketiak daun dan juga ujung percabangan yang berwarna putih sedikit kekuningan.

Buahnya ada yang bulat meruncing dan ada pula yang memiliki bentuk lonjong. Memiliki biji yang sangat banyak berwarna hitam keras dengan dibungkus oleh selaput putih yang kenyal. Perbanyakan dari pohon pepaya sendiri dilakukan dengan cara generatif yaitu dengan persemaian bijinya. Pepaya sendiri memiliki kandungan vitamin A yang cukup banyak dan baik untuk menjaga kesehatan mata.

  • Adapun manfaat lain dari buah pepaya untuk membantu menjaga kesehatan yaitu :
  1. Mengatasi sembelit
  2. Menjaga kesehatan tulang
  3. Membantu mengurangi rasa sakit pada osteoporosis, arthritis serta edama
  4. Mencegah pertumbuhan sel kanker didalam tubuh
  5. Meningkatkan sistem imun
  6. Baik dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 1
  7. Menjaga kesehatan jantung
  8. Memepercepat penyembuhan luka
  9. Mencegah asma, serta
  10. Baik untuk diet.
  • Adapun ektstrak dari biji pepaya ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup banyak sehingga dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol.

Demikianlah penjelasan dari pepaya dan juga manfaatnya. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *