Mengenal Khasiat Daun Encok Meredam Rasa Nyeri

By | May 29, 2018

Daun Encok

Mengenal Khasiat Daun Encok Meredam Rasa Nyeri-, Daun encok merupakan tumbuhan semak yang berasal dari Afrika. Dan sekarang tanaman ini telah menyebar keseluruh wilayah yang memiliki iklim suhu tropis termasuk salah satunya adalah Indonesia. Di Indonesia sendiri tumbuhan ini hidup liar di kawasan Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan juga Madura.

Meskipun tumbuhan ini tumbuh liar di daerah-daerah tertentu di Indonesia. Namun tanaman ini juga hanya bisa hidup pada habitat yang menyerupai habitat aslinya seperti padang rumput (savana), pinggiran ladang, hutan sawah yang belum di tanami.

Baca Juga : Khasiat Dandang Gendi Untuk Sakit Pinggang

Di Bali tanaman ini dikenal dengan nama bama, sedangkan di wilayah Sunda tanaman ini dikenal dengan ki encok, di Madura kareka, di Jawa godong encok, serta di Timor Timur tanaman ini memiliki nama oporio. Nama ilmiah dari tanaman daun encok sendiri ialah Plumbago Zeylanica yang termasuk ke dalam salah satu golongan family Plumbaginaceae. Dan tanaman ini sangat baik atau cocok di tanam pada ketinggian mencapai 100 mdpl.

Tanaman perdu herbal ini memiliki ketinggian mencapai kurang lebih 2.5 meter. Memiliki batang yang bulat berkayu, kulit kayu yang licin dengan alur yang bercabang. Tanaman ini memiliki daun dengan ukuran lebar 6 cm dan panjangnya 1 dm. Bersifat tunggal, memiliki bentuk yang bundar telur dengan posisi letak yang saling bersilangan.

Bunganya sendiri berkumpul pada satu tandan yang rata-rata memiliki 5 kelopak bunga berwarna putih. Buahnya memiliki ukuran yang kecil, bulat memanjang berwarna hijau ketika masih muda dan akan berubah menjadi coklat ketika bunga tersebut telah masak. Bijinya sendiri beukuran sangatlah kecil (6 mm x 2 mm) dengan warna coklat tua yang pekat.

Manfaat Daun Encok Bagi Kesehatan

Dalam ayurwedda dan juga sidda, tanaman ini dijadikan sebagai formulasi obat-obatan untuk mengatasi untuk mengatasi diare, demam tinggi, pilek, masalah pencernaan, malaria, serta penyakit kulit sejenis kusta atau lepra. Di Nepal sendiri tanaman ini diguanakan sebagai anti-virus.

Di Taiwan tanaman daun encok digunakan untuk aktivitas anti-hellobakteri. Di Madras, daun encok digunakan untuk menghasilkan senyawa antioksidan. Di Nigeria sendiri, tanaman ini digunakan untuk mengatasi penyakit yang diakibatkan oleh parasit. Sedangkan di Ethiopia tanaman ini digunakan untuk membantu mengatasi penyakit lambung.

Ternyata tanaman daun encok ini memiliki kandungan racun di dalamnya. Namun kandungan racun tersebut tidaklah lebih besar dari pada kandungan manfaat dari tanaman daun encok tersebut. Di Indonesia sendiri tanaman ini sering digunakan untuk mengatasi keluhan penyakit bagian luar tubuh saja. Seperti digunakan untuk mengatasi :

  1. Sifat analgesiknya dipercaya membantu meredam rasa nyeri
  2. Membantu mengobati keseleo
  3. Membantu menurunkan demam yang tinggi
  4. Membantu mengatasi sakit pusing
  5. Membantu menghilangkan rasa nyeri pada reumatik
  6. Membantu membunuh kuman, virus dan juga bakteri
  7. Membantu menghilangkan luka lebam/memar
  8. Membantu menangkal radikal bebas
  9. Membantu mengatasi berbagai penyakit kulit
  10. Membantu mengatasi sakit pinggang dan juga punggung, serta
  11. Membantu melancarkan fungsi saluran kemih.

Pengolahan tanaman daun encok untuk mengatasi berbagai gangguan seperti yang telah disebutkan bisa dengan cara dibalurkan pada bagian tubuh yang sakit. Namun baluran tersebut tidak boleh melebihi 30 menit karena ditakutkan bila terlalu lama akan memicu keluarnya racun dari baluran tersebut. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Sumber : www.drozforskolin.org